Minggu, 02 November 2014

Layanan Telematika

Nama           :  Widyawati
NPM            :  17111393
KELAS        :  4KA30
Mata Kuliah :  Peng. Telematika
Dosen            : Dr. Ir. Sudaryanto, M. Sc.

Layanan Telematika

Layanan Telematika adalah layanan dial-up (menghubungkan) ke suatu jenis jaringan telekomunikasi (misalnya: internet) yang berfungsi untuk mengirimkan data. Jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi::

  • Layanan Informasi
  • Layanan Keamanan
  • Context-aware dan Event-base
  • Layanan Perbaikan Sumber
Layanan Informasi
Layanan Informasi adalah suatu layanan telematika yang ditujukan untuk memberi atau  menerima informasi yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan yang dapat menjangkau semua kalangan di seluruh dunia. Misalnya untuk pendidikan, penunjang keputusan, pelayanan public, kesehatan, bisnis, Contoh nyata penggunaan layanan informasi yang sering kita temui adalah:

  • Informasi yang sering kita dapat melalui internet, misalnya ketika kita ingin mengerjakan tugas kuliah maka kita dapat mencari bahan referensi dan materi dengan Search Enginee Google.
  • Kegiatan e-Commerce (jual-beli melalui internet). Dimana pada jaman sekarang sudah banyak sekali situs yang secara khusus berfungsi untuk transaksi jual-beli online (misalnya berniaga.com, olx.co.id dan lain-lain). Pembeli bisa mencari barang yang ingin dibeli, kemudian membelinya dengan mudah, hanya tinggal klik saja tanpa harus mendatangi penjual. Kemudian pembeli melakukan pembayaran dengan cara transfer melalui no rekening yang sudah disediakan. 
  • Hiburan. Informasi juga dapat berupa hiburan. Misalnya adalah jejaring social (facebook.com, twitter.com, instagram.com dan lain-lain) ,chatting (skype, yahoo messenger dll). Informasi hiburan dapat berupa teks, audio, visual ataupun video. Hiburan pada layanan telematika juga dapat berupa game online (misal: Modoo Marble). 
  • Navigation Assistant (Real Time Trafiic Information). Layanan informasi berupa informasi terkini tentang lalu lintas. Misalnya adalah GPS yang banyak terdapat pada smartphone ataupun mobil. 
  • Ramalan Cuaca. Memberi informasi mengenai cuaca pada hari ini ataupun selama beberapa hari kedepan.
Layanan Keamanan
Layanan Keamanan adalah layanan pada telematika yang fungsinya untuk memantau, melindungi dan memberikan informasi apabila terdapat sesuatu hal yang berjalan tak semestinya yang dapat mengurangi tindak kejahatan seperti pencurian. Contoh nyata layanan keamanan adalah:
  • Layanan CCTV (Closed-circuit television) yang gunanya untuk memantau suatu lokasi dengan kamera pengintai yang dipasang di tiap sudut ruangan. Pengguna dapat memantau keadaan rumah dari jarak jauh. 
  • Emergency Rescue 911. Dimana masyarakat dapat menelpon 911 untuk melaporkan keadaan darurat. 
  • Car location tracing. Gunanya untuk mengetahui keberadaan mobil yang hilang atau dicuri.
Layanan Context-aware dan Event-base
Layanan Context-aware (konteks-sadar) dan Event-base(berbasis-kejadian) adalah suatu layanan pada telematika yang cara kerjanya adalah ketika perangkat komputer atau bahkan smartphone dapat memiliki kepekaan dan bereaksi terhadap lingkungan sekitar dimana pada perangkat tersebut terdapat aturan-aturan tertentu yang telah tersimpan di dalam memori. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting.

Layanan Perbaikan Sumber atau Resource Discovery Service (RDS)
Layanan Perbaikan Sumber adalah layanan telematika yang gunanya untuk menemukan sesuatu utilitas yang diperlukan dengan cara mengindeks (mengelompokkan) jenis layanan agar lebih cepat ditemukan. Contohnya adalah Yellow Pages Service. Dimana pada Yellow Pages segala jenis informasi dikelompokkan sesuai dengan jenis kategorinya dan diurut secara alphabet.


Sumber:
http://habib1010.wordpress.com/2012/11/06/layanan-telematika/
http://bagasirawanganteng.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika-teknologi-wireless_6.html

0 komentar:

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)